Manajemen adalah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya dalam
suatu organisasi dalam mewujudkan suatu
tujuan.
Menurut Ricky W.
Griffin
"Manajemen
sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan
sumber daya untuk mencapai sasaran
secara efektif dan efesien."
Etimologi
Kata
Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti
"seni melaksanakan dan mengatur."Namun banyak yang berpendapat bahwa
manajemen berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti
"mengendalikan,".Ataupun bahasa Latin yaitu manus yang berarti
"tangan".
Sejarah
Sampai
sekarang para pakar sulit untuk menentukan sejarah awal pertama timbulnya ilmu
manajemen.Diperkirakan penerapan ilmu manajemen pertama kalinya digunakan oleh
bangsa mesir ribuan tahun lalu.Dibuktikan dengan pembuatan Piramida yang
memakan waktu sekitar 20 Tahun oleh lebih dari 10.000 pekerja.Tanpa adanya
orang yang mengatur sekian ribu orang tersebut,mustahil piramida dapat
terbentuk.
“Pada tahun 1946.Peter
F.Drucker atau yang biasa disebut sebagai Bapak Manajemen menerbitkan buku
tentang manajemen terapan pertama berjudul "Konsep Korporasi"
(Concept of the Corporation).”
Fungsi
Fungsi
Manajemen adalah Perencanaan (Planning),Pengorganisasian (Organizing),dan
Pengarahan (Directing).
Menurut
Hendry Fayol
"Lima
fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan
mengendalikan."
Teori Manajemen
Ada
6 macam teori manajamen diantaranya:
1.
Aliran
klasik: Aliran ini mendefinisikan manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemennya.
Perhatian dan kemampuan manajemen dibutuhkan pada penerapan fungsi-fungsi
tersebut.
2.
Aliran
perilaku: Aliran ini sering disebut juga aliran manajemen hubungan manusia.
Aliran ini memusatkan kajiannya pada aspek
manusia dan perlunya manajemen memahami manusia.
3.
Aliran
manajemen Ilmiah: aliran ini menggunakan matematika dan ilmu statistika untuk
mengembangkan teorinya. Menurut aliran ini, pendekatan kuantitatif merupakan
sarana utama dan sangat berguna untuk menjelaskan masalah manajemen.
4.
Aliran
analisis sistem: Aliran ini memfokuskan pemikiran pada masalah yang berhubungan
dengan bidang lain untuk mengembangkan teorinya.
5.
Aliran
manajemen berdasarkan hasil: Aliran manajemen berdasarkan hasil diperkenalkan
pertama kali oleh Peter Drucker pada awal 1950-an. Aliran ini memfokuskan pada
pemikiran hasil-hasil yang dicapai bukannya pada interaksi kegiatan karyawan.
6.
Aliran
manajemen mutu: Aliran manajemen mutu memfokuskan pemikiran pada usaha-usaha
untuk mencapai kepuasan pelanggan atau konsumen.
Bidang manajemen :
Manajemen
administrasi perkantoran
Manajemen
pergantian
Manajemen
komunikasi
Manajemen
constraint
Manajemen
biaya
Manajemen
hubungan pelanggan
Manajemen
harga pendapatan
Manajemen
fasilitas
Manajemen
integrasi
Manajemen
pengetahuan
Manajemen
pemasaran
Manajemen
mikro
Manajemen
sakit
Manajemen
pandangan
Manajemen
pengadaan
Manajemen
program
Manajemen
projek
Manajemen
proses
Manajemen
produksi
Manajemen
kualitas
Manajemen
sumber daya manusia
Manajemen
risiko
Keahlian
manajemen
Manajemen
pengeluaran
Manajemen
Pertunjukan
Manajemen Pelaksanaan
Manajemen
rantai suplai
Manajemen
sistem
Manajemen
waktu
Manajemen
stress
Manajemen
strategis
Manajemen
keuangan
Manajemen
personalia
Manajemen
organisasi
Manajemen
Pendidikan
Manajemen
Pertunjukan
Manajemen
Persiapan
Tidak ada komentar:
Write komentar