Kamis, 18 Januari 2018

Apa itu Manajemen?

 





Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya dalam suatu  organisasi dalam mewujudkan suatu tujuan.

Menurut Ricky W. Griffin
"Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk  mencapai sasaran secara efektif dan efesien."

Etimologi
Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti "seni melaksanakan dan mengatur."Namun banyak yang berpendapat bahwa manajemen berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti "mengendalikan,".Ataupun bahasa Latin yaitu manus yang berarti "tangan".

Sejarah
Sampai sekarang para pakar sulit untuk menentukan sejarah awal pertama timbulnya ilmu manajemen.Diperkirakan penerapan ilmu manajemen pertama kalinya digunakan oleh bangsa mesir ribuan tahun lalu.Dibuktikan dengan pembuatan Piramida yang memakan waktu sekitar 20 Tahun oleh lebih dari 10.000 pekerja.Tanpa adanya orang yang mengatur sekian ribu orang tersebut,mustahil piramida dapat terbentuk.

“Pada tahun 1946.Peter F.Drucker atau yang biasa disebut sebagai Bapak Manajemen menerbitkan buku tentang manajemen terapan pertama berjudul "Konsep Korporasi" (Concept of the Corporation).”


Fungsi
Fungsi Manajemen adalah Perencanaan (Planning),Pengorganisasian (Organizing),dan Pengarahan (Directing).
Menurut Hendry Fayol
"Lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan."

Teori Manajemen
Ada 6 macam teori manajamen diantaranya:
1.           Aliran klasik: Aliran ini mendefinisikan manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemennya. Perhatian dan kemampuan manajemen dibutuhkan pada penerapan fungsi-fungsi tersebut.
2.           Aliran perilaku: Aliran ini sering disebut juga aliran manajemen hubungan manusia. Aliran ini memusatkan kajiannya pada aspek  manusia dan perlunya manajemen memahami manusia.
3.           Aliran manajemen Ilmiah: aliran ini menggunakan matematika dan ilmu statistika untuk mengembangkan teorinya. Menurut aliran ini, pendekatan kuantitatif merupakan sarana utama dan sangat berguna untuk menjelaskan masalah manajemen.
4.           Aliran analisis sistem: Aliran ini memfokuskan pemikiran pada masalah yang berhubungan dengan bidang lain untuk mengembangkan teorinya.
5.           Aliran manajemen berdasarkan hasil: Aliran manajemen berdasarkan hasil diperkenalkan pertama kali oleh Peter Drucker pada awal 1950-an. Aliran ini memfokuskan pada pemikiran hasil-hasil yang dicapai bukannya pada interaksi kegiatan karyawan.
6.           Aliran manajemen mutu: Aliran manajemen mutu memfokuskan pemikiran pada usaha-usaha untuk mencapai kepuasan pelanggan atau konsumen.

Bidang manajemen :


Manajemen administrasi perkantoran
Manajemen pergantian
Manajemen komunikasi
Manajemen constraint
Manajemen biaya
Manajemen hubungan pelanggan
Manajemen harga pendapatan
Manajemen fasilitas
Manajemen integrasi
Manajemen pengetahuan
Manajemen pemasaran
Manajemen mikro
Manajemen sakit
Manajemen pandangan
Manajemen pengadaan
Manajemen program
Manajemen projek
Manajemen proses
Manajemen produksi
Manajemen kualitas
Manajemen sumber daya manusia
Manajemen risiko
Keahlian manajemen
Manajemen pengeluaran
Manajemen Pertunjukan
Manajemen Pelaksanaan
Manajemen rantai suplai
Manajemen sistem
Manajemen waktu
Manajemen stress
Manajemen strategis
Manajemen keuangan
Manajemen personalia
Manajemen organisasi
Manajemen Pendidikan
Manajemen Pertunjukan
Manajemen Persiapan

Tidak ada komentar:
Write komentar